Sudah hampir sebulan ini, saya memiliki sebuah kacamata hitam model army angkatan udara. Sebuah kacamata yang akhirnya secara nyaman saya pergunakan ketika hari terlalu terik. Selama ini, saya menggunakan kacamata dengan model photogray, yakni semodel kacamata yang jika kena sinar matahari langsung berubah menjadi agak kehitam-hitaman.


Ada beberapa pengalaman menarik apabila saya menggunakan kacamata tersebut.

Suatu ketika di kendaraan, saya selalu melihat orang berusaha menembus hitamnya kacamata tersebut untuk mencoba mengenali saya. Sebagaimana kita tahu, mata memiliki struktur yang unik, yang seperti sidik jari, setiap orang bisa mendapatkan keberbedaan entah pada bentuk, atau yang lainnya.

Yang paling unik adalah saat saya pulang dari kampus. Sambil menunggu kereta ke arah Bogor itu datang, saya duduk di halte stasiun UI. Di bangku yang lain, duduk seorang lelaki, sendiri. Sementara di seberang lainnya, ada seorang yang mungkin terganggu ingatannya sehingga membuat saya kurang nyaman karena teriakan dan umpatannya, serta menuju tempat duduk saya.

Spontan saya pindah ke lelaki yang tengah duduk sendiri di kursi yang lain itu. Lalu saya pun anteng kembali memainkan gadget saya. Tetapi justru sekarang lelaki itu pindah dari bangku yang tengah didudukinya, ke tempat saya sebelumnya, yang sudah ada orang yang terganggu ingatannya itu.

Pertamanya saya biasa, tetapi begitu melihat pilihan orang itu untuk mendekati justru orang yang saya hindari, saya jadi bertanya: mungkinkah kacamata telah membuat saya mencurigakan?

Pengalaman lainnya adalah manakala saya berjalan melewati kawasan perumahan klaster yang dijaga banyak satpan. Saya jalan dengan gagah, dan setiap satpam menganggukkan kepala kepada saya. Heran bercampur takjub juga. Mungkinkah ini gara-gara berkacamata?

Sebenarnya saya menggunakan kacamata tidak ada niatan apapun. Apalagi niat yang tidak baik. Hanya karena mata saya sudah tidak kuat lagi menerima terpaan cahaya yang berlebih, akhirnya saya nyaman dengan kacamata hitam ini. Kacamata ini saya pergunakan jika ke kantor, ke kampus, ke mall, atau ke manapun. Sekarang sudah merasa nyaman-nyaman saja meski mungkin orang mencurigai saya.

 

 

Catatan:

Gambar kacamata di atas hanya ilustrasi. Bukan kacamata punya saya